Selamat Datang di Website Kami

Polda Metro Jaya Amankan Pengusaha Abal-abal Asal Brunei Darussalam, Korban Merugi Hingga Rp 1,14 Miliar

10 March 2020

by Ridwan Surianto

IMG_20200311_064122

Kringserse – Jakarta  :  Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya berhasil meringkus komplotan penipu dan pencuri asal Sidrap, Sulawesi Selatan beberapa hari lalu. Tak tanggung-tanggung, sindikat yang beranggotakan 4 orang ini berhasil menguras uang pengusaha berinisial AR hingga 1,14 miliar.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan jika modus para komplotan ini adalah dengan berpura-pura menjadi pengusaha yang dapat menyediakan HP dengan jumlah besar.

“Modusnya mengajak kerjasama atau join usaha HP dalam jumlah besar, mereka meyakini korban dapat mendatangkan handphone satu kontainer,” kata Yusri di Mapolda Metro Jaya, Selasa (10/3/2020).

Yusri mengungkapkan jika otak pelaku komplotan ini adalah M.

“Otak pelaku si M, ia mengaku pengusaha asal Brunei Darussalam. Sedang korban berinisial AR,” pungkasnya.

Yusri melanjutkan, pelaku M yang mencari korban dan merayu korban agar terbujuk. Setelah itu masuklah pelaku DN.

“Dalam menjalankan aksinya para pelaku mengaku tak saling kenal, padahal merek satu kampung yaitu asal Sidrap,” ujarnya.

Usai korban terbujuk, si pelaku mengatakan jika ia hanya memiliki kartu ATM Brunei dan tak bisa digunakan di Indonesia.

“Untuk meyakinkan si korban si M dan rekannya membawa korban ke ATM BRI setelah itu saat lengah si korban tanpa sadar kartu ATM nya sudah tertukar dengan kartu yang sama, setelah itu barulah pelaku menguras habis isi tabungan si korban,” jelasnya.

Agar tak jadi korban pelaku kejahatan Yusri menghimbau kepada nasabah bank yang bertransaksi di ATM untuk menjadi kode rahasi pin agar tak dimanfaatkan oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Akibat perbuatannya para pelaku dijerat Pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman lima tahun penjara***(WAN) .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *