Selamat Datang di Website Kami

Kapolsek Cakung Lakukan Operasi Yustisi Tiga Pilar, Tindak 44 Pelanggar , 1 Perusahaan dan 4 Rumah Makan Disegel

16 September 2020

by Ridwan Surianto

IMG-20200916-WA0103
KRINGSERSE.COM (CAKUNG) –  Kapolsek Cakung bersama  unsur TNI, Satp[ol PP dan Dinas Perhubungan melakukan pengawasan dan menindakan  operasi “Yustisi Tiga Pilar”, di wilayah Cakung , Jakarta Timur, Rabu (16/9/2020) petang.

Dalam kegiatan hari ketiga kali ini, berlangsung kegiatan pelaksanaan operasi yustisi penertiban penggunaan masker yang diikuti oleh personel gabungan yang terdiri dari anggota TNI-Polri, Satpol PP , Dinas Perhubungan dan petugas Kejaksaan Negeri dan Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Sebelum pelaksanaan Operasi Yustisi, dilaksanakan Apel 3 Pilar dalam rangka penegaan disiplin PSBB, untuk mematuhi Protokol Kesehatan upaya pencegahan penyebaran Covid 19. sebelum pelaksanaan dilakasanakan APP yang dipimpin oleh Waka Polres Metro Jakarta Timur *AKBP Stefanus Michael T, S.I.K. M.Si.* dengan jumlah kekutan 134 Personil. Apel dilaksanakan di halaman depan Kantor Kelurahan Rawaterate, RT 002/004, Kel. Cakung Barat, Kec. Cakung, Jakarta Timur.

Pada kegiatan apel, sejumlah pejabat yang hadir diantaranya  Letkol Inf. Jimmy (Kasdim Jakarta Timur).,  AKBP. R. ARIF SETIAWAN SH. (Kabag Ops Polres Jakarta Timur)., Kompol Satria Darma SE. MM. S.I.K. (Kapolsek Cakung). Ksat Lantas Polres Jakarta Timur Kompol Telly BW, , Dan Ramil  Cakung Kapten Inf. Saidan., Waja Polsek Cakung Akp. Sutono SH., Drs. Achmad Solahudin M.si. (Camat Cakung)., Budhi Novianto(Kasatpol PP Walikota Jakarta Timur). dan  Sukarya ST. MM. (Lurah Rawaterate).

Dalam pantauan media Kringserse.com, usai apel,  pukul 15.30 Wib Operasi Yustisi  dilaksanakan di sepanjang Jl. KRT. Radjiman W. dengan cara menghentikan pengguna jalan yang tidak memakai masker dan yang kedapatan tidak pakai masker ditindak ditempat, sekira pukul 16.00 WIB, petugas gabungan mulai mengitari kawasan kelurahan Rawaterate di Cakung.

“Kami melaksanakan operasi yustisi di wilayah Cakung Barat, Kecamatan Cakung bersama-sama dengan Satpol PP Kecamatan dan juga TNI. Untuk yang kami lakukan adalah satu penindakan berupa sanksi, baik untuk masyarakat yang belum mengenakan masker, dan sejumlah tempat usaha dan industri.  Ada beberapa yang sudah kita tindak untuk pelanggarnya, dan juga kami mobile,” kata Kapolsek Cakung Kompol  Satria Darma,SE., SIK.,MM. di lokasi Operasi Yustisi.

“Jadi setelah kita cek ada beberapa tempat yang belum menerapkan protokol kesehatan. Sehingga kita memberikan sanksi yang pertama ditutup selama tiga hari. Setelah dia membuat kesepakatan untuk memenuhi protokol kesehatan bisa untuk dibuka kembali,” jelasnya.

Selain itu, para petugas juga memberikan sosialiasi pentingnya mematuhi protokol kesehatan kepada masyarakat.

Kompol Satria berharap masyarakat semakin sadar pentingnya masker dalam mencegah penyebaran virus Covid-19. “Selain masker, juga patuhi protokol kesehatan seperti jaga jarak (physical distancing), hindari kerumunan serta selalu mencuci tangan saat beraktivitas,” sambungnya.

Kemudian, petugas gabungan juga menjaring pengendara motor yang melanggar protokol kesehatan serta pengemudi mobil berpenumpang lebih dari satu dan tidak menggunakan masker.

Dalam pelaksanaan operasi yustisi penertiban penggunaan masker sampai Rabu (16/9/2020) sore  pukul 17.30 WIB, petugas memberikan sanksi sosial sebanyak 35 orang serta denda kepada 9 orang, 1 perusahaan dan 4 Rumah Makan di segel sementara 1 rumah makan  diberikan peringatan.***(WAN/ASEP/KJ)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *