Selamat Datang di Website Kami

Inilah Penjelasan Kapolsek Cakung Mengamankan Penabrak Anggota Satpol PP Razia Ops Yustisi Tiga Pilar

24 September 2020

by Ridwan Surianto

IMG-20200924-WA0008

KRINGSERSE. COM (JAK TIM) – Video viral,  Seorang pengendara mobil Suzuki SX4 bernomor polisi B 1594 FVK nekat menabrak petugas Satpol PP ketika razia masker di Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur, Rabu (23/9/2020), akhirnya diamankan di Polsek Cakung.

Pengendara penabrak anggota satpol PP

 

Kapolsek Cakung Kompol Satria Darma, SE., SIK., MM didampingi Camat Cakung Ahmad Salahudin menjelaskan telah terjadi kasus tindak pidana kekerasan melawan Petugas Satpol PP saat sedang bertugas melaksanakan Operasi Yustisi 3 Pilar dalam rangka Penegakan Hukum PSBB sebagai upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid 19 yang mengakibatkan luka (Pasal 213 ke 1e KUHP dan atau pasal 212 KUHP).

Dikatakan Satria,  pengendara bernama Ir.  Ika Budi Cahyanto dalam berkendara bersama seorang lelaki (10) dalam pemeriksaan ternyata tidak memiliki identitas apapun.

Pria gondrong,  kelahiran Surabaya (50) mengaku warga Perum Metland Menteng Blok.J.4/1, Kel.Ujung Menteng Kec.Cakung Jaktim.

Kapolsek Cakung Satria Darma menindak tegas pengendara mobil penabrak anggota satpol pp juga tidak bermasker setelah dihentikan anggota polisi

 

Sementara korban Jan Roberto, anggota Satpol Kec.Cakung, Jaktim melaporkan peristiwa yang dialami ke Polsek Cakung  dengan  Laporan Polisi Nomor : 27 /K/IX/2020/Sek. Ck, tanggal 23 September 2020.

Dikatakan,  Kapolsek Cakung Kompol Satria Darma,  setelah dilakukan pemeriksaan,  selain mengamankan pelaku penabrak,  juga mengamankan sejumlah barang bukti, yaitu  : 1 Unit Mobil Merk SUZUKI X OVER,Warna Biru metalik,No.Pol: B -1594- FVK.
, hasil VER dari RS.PERSAHABATAN atas nama korban Jan Roberto.

 

Kapolsek menjelaskan kronologis, bermula pada hari Rabu tanggal 23 September 2020 sekitar jam 10.00 Wib di TKP saat korban/pelapor selaku anggota satpol PP kec. Cakung sedang melaksanakan Operasi Yustisi 3 Pilar penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan yang dipimpin oleh Wakil Camat Cakung an.Chandra dan Kapolsek Cakung KOMPOL Satria Darma, SE, SIK, MM bersama dengan anggota Dishub, Satpol PP, TNI dan POLRI.

Seketika melintas mobil merk Suzuki X OVER No.Pol: B -1594- FVK yang dikendarai oleh Pelaku/Tersangka berinisial IBC dan disamping pelaku ada seorang anak kecil umur sekitar 10 tahun menolak diberhentikan kemudian melawan petugas dengan cara menabrak korban menggunakan mobil pelaku sehingga korban terjatuh ke aspal dan menderita luka lecet dibagian lengan tangan kiri dan memar pundak kiri.

 

Mobil Pelaku dapat diberkentikan oleh Petugas Ops Yustisi kemudian dilakukan pemeriksaan. Ternyata Pelaku beserta anak laki-lakinya (10 tahun) tidak memakai Masker (melanggar PSBB). Kemudian Petugas Ops Yustisi memberikan sanksi PSBB kepada pelaku namun pelaku menolak sanksi dari Petugas dengan alasan tidak tahu ada PSBB (wajib menjalankan protokol kesehatan).

Kapolsek Cakung yang berada di TKP (lokasi Ops Yustisi 3 Pilar) memberikan teguran keras kepada pelaku yang tidak memakai masker (melanggar PSBB) dan telah melawan petugas dengan cara menabrak korban menggunakan mobilnya sehingga korban mengalami luka – luka.

 

Dikatakan Satria Darma,  selanjutnya pelaku diamankan oleh petugas lainnya dan dibawa ke Polsek Cakung untuk diminta keterangan,namun pada saat diminta keterangan pelaku tidak jelas menjawab pertanyaan penyidik seperti orang depresi sehingga kemudian pelaku dibawa ke RS. Polri guna pemeriksaan kejiwaan. Sedangkan anak pelaku yang berkebutuhan khusus (autis) dititip di Sudinsos Jaktim.

Kasus selanjutnya ditangani oleh Polsek Cakung Polres Metro Jakarta Timur.***(Ridwan)

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *