Selamat Datang di Website Kami

Gunakan Mobil Rental Spesialis Pembobol 8 Minimarket di daerah Bekasi ditangkap oleh Polisi

27 April 2020

by Ridwan Surianto

IMG20200427125427

KRINGSERSE (BEKASI)  : Dengan menggunakan mobil rental Spesialis pembobol minimarket di daerah wilayah hukum Polsek Medan Satria,  Polres Metro Bekasi Kota  ditangkap oleh buser polsek Medan Satria.

 

Dua tersangka dari empat pelaku pembobolan sebanyak 8  kali di daerah Bekasi Kota, Purwakarta dan Sukabumi.

“Ini TKP ada 8, diantaranya 6 TKP semua ada di daerah Bekasi dan 2 TKP di daerah, yaitu Purwakarta dan Sukabumi.   Tersangka yang diamankan ada 2 orang,” kata Kapolres Metro Bekasi Kota  Kombes Wijonarko, SIK., MSi   didampingi  Kapolsek Medan Satria Kompol Agus Rohmat, Kanit Reskrim IPTU  Ucha Bahrudin, dan Kasubaghumas Kompol Erna,  di mapolsek Medan Satria, Senin (27/4/2020).

 

Kombes Wijonarko mengatakan kejadian itu sudah berlangsung awal  April 2020 di wilayah Kota Bekasi.

Dikatakan Wijonarko, dalam aksinya komplotan yang berjumlah empat orang ini menggunakan mobil rental untuk mencari sasaran.

“Empat tersangka berinisial RS,  MP,  HS dan IO. Masing masing memiliki peran, ada yang bertugas mengendarai mobil untuk berkeliling mencari lokasi incaran, membongkar rooling door dan mengangkut barang, HS disebut Kapten dan IO itu pilot, ” kata Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Wijonarko.

Dijelaskan kapolres, dari hasil pemeriksaan tercatat sudah delapan kali beraksi di enam minimarket  di antaranya di Pangeran Jayakarta, Medan Satria, Jatiasih, Kota Bekasi, Purwakarta dan Sukabumi. “Aksi terakhir di minimarket Pangeran Jayakarta dengan kerugian mencapai Rp26 juta lebih,” ujarnya.

Sebelum masuk menjarah barang dagangan, pelaku memotong rantai dan merusak gembok rooling door dan membiarkan pintu dalam kondisi terbuka. Selanjutnya menguras barang dagangan seperti susu , sejumlah slop rokok serta barang lainnya. Kemudian seluruh barang jarahan dimasukkan ke dalam mobil rental yang mereka bawa dan langsung kabur.

 

“Mobil bermuatan barang curian itu lalu dibawa ke seorang penadah yang sudah menanti pintu tol keluar Cakung, Jakarta Timur dan langsung menukar kendaraanya dengan mobil yang dibawa si penadah. Setelah itu ke empat tersangka pulang ke rumah masing-masing setelah hasil penjualan dibagi rata,”  kata Kombes Wijonarko.

Pelaku mengincar minimarket pada saat toko sepi, atau malam hari setelah toko tutup.

Menurut Wijonarko, pencurian dengan pemberatan TKP pertama,  pada Rabu, 1 April 2020 di Alfamart Pangeran Jayakarta,  Harapan Mulya,  Medan Satria,  Kota Bekasi, dalam pengembangan kempat pelaku sudah  8 kali melakukan tindak kejhatan yang sama.

Modus yang dilakukan sang kapten HS (salah satu tersangka)  itu mencari sasaran ataupun Alfamart yang akan dijadikan sasaran pencurian dengan menggunakan 1 unit  mobil  Avanza warna silver (mobil rental). Setelah target,  HS menggunting  rantai,  dan merusak gembok dengan kunci T.  Setelah itu rekan-rekan tersangka langsung beraksi.

Dari  tersangka RS dan MP  polisi berhasil menyita, 2 kunci leter T ukuran besar, beberapa bungmus rokok beragam merk, beberapa sabun mandi,  beberapa pembersih wajah dari berbagai merk dan sabun detergent .

 

Atas perbuatanya para tersangka disangkakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman penjara paling lama 7 tahun penjara.****(Ridwan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *