Selamat Datang di Website Kami

GAKTIBPLIN PROVOS, PERIKSA SIKAP TAMPANG DAN KELENGKAPAN ANGGOTA POLSEK JATIUWUNG

04 June 2020

by Ridwan Surianto

IMG-20200602-WA0023

Kringserse.com- Kota Tangerang.  :  Masyarakat yang datang ke kantor polsek Jatiuwung,  Polres Metro Tangerng Kota mendapatkan pelayanan  yang humanis, dari setiap anggota yang dijumpai dengan 3 S,  Senyum,  Sapa dan Salam.

Selain itu,  masyarakat juga akan melihat penampilan setiap personil sebagai ciri sosok seorang anggota Polri. Sehingga sosok itu menjadi idola masyarakat untuk menjadi anggota polisi.

Kanit Provost Iptu Tafril, SH

 

Siapakah sosok yang selalu  memperhatikan dan berusaha menjaga jati diri  dan tampilan jajaran anggota Polsek Jatiuwung, dialah Iptu Tafril perwira yang kini menjabat Kanit Provost Polsek Jatiuwung.

Dikatakan Iptu Tafril,  sesuai arahan dan atensi Kapolsek Jatiuwung setiap hari Senin mendamlingi Kapolsek atau Wakapolsek melakukan pemeriksaan  kelengkapan anggota Polsek Jatiuwung,   seperti KTA (kartu tanda anggota), KTP (kartu tanda penduduk), SIM (surat ijin mengemudi), Serta SIMSA (surat ijin memegang senjata api) bagi anggota yang memegang senjata api. Selain itu, provost juga memeriksa sikap tampang anggota seperti rambut dan kebersihan pakaian anggota.

Kasi Provost Polsek Jatiuwung   Iptu Tafril, SH menjelaskan “Pemeriksaan ini sebagai bentuk kontrol kedisiplinan anggota. Sehingga diharapkan sebelum memberikan pelayanan masyarakat, agar anggota lebih dahulu melayani dirinya sendiri, sehingga masyarakat bisa nyaman terlayani”, jelas Tafril kepada Media Kringserse di Mapolsek Jatiuwung,  Kamis (4/6/2050).

Iptu Tafril bersama dengan anggotanya juga secara mendadak menggelar kegiatan penegakan ketertiban dan kedisiplinan (Gaktibplin) terhadap seluruh anggota Polsek Jatiuwung.

” Kegiatan dilaksanakan dihalaman Apel Polsek Jatiuwung,  biasanya  usai pelaksanaan apel pagi yang diikuti oleh seluruh anggota Polri Polsek Jatiuwung. Satu persatu anggota Polri diperiksa penampilan dan sikap tampang serta kerapihan dalam berpakaian. Selain itu juga, identitas diri tidak luput dari pemeriksaan yang berlangsung sekitar 30 menit tersebut.

Selain pemeriksaan gaktibplin, dalam kesempatan yang sama Kanit Provos Iptu Tafril juga menyampaikan kepada seluruh anggota untuk lebih bijak dalam menggunakan media sosial (Medsos).

“Harapanya, dengan adanya medsos baik yang dikelola secara pribadi maupun kedinasan intitusi Polri bisa semakin baik citranya dengan menampilkan keberhasilan Polri dalam upaya mensukseskan pembangunan Nasional, bukan justru sebaliknya,” jelasnya.

Sementara itu, bila dalam pemeriksan, masih ditemukan beberapa anggota yang belum rapi. Seperti potongan rambut yang tidak sesuai dengan ketentuan. Kepada para anggota yang masih melanggar langsung diberikan sangsi teguran untuk segera merapikan potongan rambut yang sesuai dengan ketentuan. “Dengan diadakannya pemeriksaan gaktibplin ini diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan dan kesadaran anggota, disiplin dalam diri terutama anggota adalah penting guna menunjang tugas dan performa di lapangan,” ungkap Tafril.

Kapolsek Jatiuwung Kompol Aditya SP.  Sembiring, S.I.K ketika dihubungi melalui telepin seluler mengatakan, “Bahwa kegiatan Gaktibplin yang dilaksanakan tersebut dipimpin Kanit Provost merupakan menindaklanjuti petunjuk dan arahan pimpinan untuk selalu mengecek kesiapan anggota sebelum melaksnakan tugas dilapangan dalam rangka melayani masyarakat.

“Tujuan dari Gaktibplin ini adalah untuk mengantisipasi pelanggaran dan penyimpanan dari anggota Polri sendiri,” jelas Kapolsek Jatiuwung. ***(Ridwan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *