Selamat Datang di Website Kami

Terungkap, Kronologis Kasus Curas yang Dilakukan Sindikat Begal di Jalan Tol

02 September 2020

by Ridwan Surianto

WhatsApp-Image-2020-09-02-at-12.43.53

Para pelaku yang berhasil diamankan antara lain, DS alias B (27) yang merupakan kapten begal; MJH alias. J (21); MRS alias P (25); SG alias W (15); SA alias U (38); NP alias B (43). Sementara AG dan JY alias J masih buron (DPO).

Keterangan Wakapolres Metro Jakarta Utara AKBP Aries Andhi.

Untuk diketahui, para tersangka melakukan aksinya di dua tempat berbeda antara lain, Tol Wiyoto Wiyono KM 18/800 Kelurahan Ancol Kecamatan Pademangan Jakarta Utara; dan Jl. Tol Wiyoto Wiyono KM 15/800.

Aries menjelaskan berdasarkan keterangan saksi bahwa Irman selaku korban saat sedang mengemudikan truk di jalan Tol Wiyoto Wiyono KM 18/800, sempat berhenti di jalur darurat jalan tol, disebabkan harus mengecek adanya ban yang bocor.

Setelah itu datang mobil angkot mikrolet merek Isuzu Panther warna biru dengan nomer polisi (nopol) B-1124 no.15A jurusan Tanjung Priok Ancol berhenti di depan truk kontainer.

“Pelaku menanyakan kepada korban ‘kenapa berhenti Pak dan dijawab oleh korban ban saya bocor’. Kemudian seketika itu pada saat korban akan menaiki kendaraannya tiba-tiba dihampiri oleh sindikat pelaku begal ini sambil mengancam korban dengan menggunakan senjata tajam untuk menyerahkan barang-barangnya,” ujar Wakapolres Jakut saat dikonfirmasi, di Jakarta, Rabu (2/9/2020).

Para pelaku begal diamankan polisi. 

Masih dari keterangan Aires, kemudian salah satu pelaku menarik pintu mobil dan mengambil serta merampas barang milik korban berupa satu unit handphone merek Samsung J5 Pro yang berada dalam penguasaan korban dan pelaku lain menempelkan senjata tajam ke bagian paha sebelah kanan korban.

“Sedangkan pelaku lainnya membuka pintu mobil sebelah kiri dengan membawa jam pisau jenis karambit dan menggeledah barang yang berada di dalam mobil tersebut. Berikutnya, para pelaku pergi meninggalkan korban,” sambungnya.

Para pelaku begal diamankan polisi.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan polisi antara lain, dua unit mobil angkot Mikrolet; dua bilah pisau karambit hitam; dua bilah pisau dibungkus kardus cokelat; satu bilah pisau bergagang kayu lapis benang hijau; satu unit ponsel merek Oppo hitam; dan tiga set pakaian yang digunakan saat beraksi.

Para tersangka pelaku begal ini, menurut Wakapolres Jakut, akan diancam dengan Pasal 365 KUHPidana.***(WAN/KS03)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *