Selamat Datang di Website Kami

Top! Polres Depok Ungkap Komplotan Curanmor Gasak 46 Motor

09 July 2020

by Ridwan Surianto

polres-depok-curanmor-2
KRINGSERSE.COM (DEPOK) – Polres Metro Depok menangkap komplotan pencuri kendaraan bermotor (curanmor). Dalam pengungkapan ini, polisi mengamankan tiga orag IH (26), S (35) dan RN (15).

Kapolres Metro Depok, Kombes Pol Azis Ardiansyah menyebut para pelaku telah menjalankan aksinya kurang lebih enam bulan. Tak tanggung-tanggung, dalam kurun waktu tersebut mereka berhasil mencuri 46 sepeda motor.

“Mereka telah melakukan pencurian sejak bulan September 2019 hingga Febuari 2020 yang lalu, kelompok ini telah berhasil mencuri kurang lebih 46 sepeda motor. Saat ini barang bukti baru 4 saja,” ungkap Kombes Azis dalam keterangannya, Kamis (9/7/2020).

Barang bukti kasus perkara pencurian sepeda motor yang berhasil diamankan Polres Metro Depok 

Azis menjelaskan, mereka sering melakukan aksinya di wilayah Citayam dan Depok. Berdasarkan keterangan pelaku IH dan S, mereka hafal dua wilayah tersebut. Namun terkadang para pelaku juga mencari sasaran di Jabotabek.

“Wilayah (operasinya) dia mengaku, di Jabotabek dan paling sering di Citayam dan depok (karena hafal wilayah),” tandasnya

Dalam menjalankan aksinya, lanjut Azis, mereka berkelompok lima orang. Para pelaku memanfaatkan kelengahan pemilik motor dengan merusak kunci stang atau kontak menggunakan kunci leter Y dan T.

“Dua eksekutor dan tiga lain yang mengawasi serta membawa motor. Modus mereka mengambil motor yang ditinggal pemiliknya, lengah,” tandasnya.

Setelah berhasil membawa lari sepeda motornya, hasil pencurian dibagi rata untuk lima orang itu. Menurut Azis, rata-rata motor curian dijual seharga Rp800.000 hingga Rp2 juta tergantung kondisi fisiknya.

“Dijualnya melalui perantara, COD (cash on delivery), atau lewat online,” tukasnya.

Atas perbuatannya, para pelaku akan dikenai Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Adapun ancaman hukumannya adalah kurungan penjara maksimal 5 tahun.***(WAN/KS2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *