Selamat Datang di Website Kami

Arlon Sitinjak Diganjar Penghargaan Kapolda Metro Sukses Ungkap Ganja 200 KG Kendali di Lapas

15 March 2020

by Ridwan Surianto

IMG-20200311-WA0075

Kringserse.com – Bekasi.  :  Kepala Satuan Reserse Narkoba Kepolisian Resor Metro Bekasi AKBP Arlon Sitinjak,  SH. MH bersama jajaran diganjar penghargaan oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Drs Nana Sudjana, MM, Rabu (13/3/2020) silam.

Bertepatan kehadiran Kapolda berserta Pejabat Utama (PJU) Polda Metro dan Jajarannya melakukan kunjungan kerja ke Polres Metro Bekasi, Jl. Kihajar Dewantara No 1 Simpangan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi, Rabu (11/03/2020).

Kedatangan Kapolda Metro disambut oleh Kapolrestro Bekasi Kombes Pol Hendra Gunawan, S.I.K., M.S.i, Wakapolrestro Bekasi AKBP Luthfie Sulistiawan, S.I.K., M.H., M.S.i, dan Pejabat Jajaran utama Polres Metro Bekasi.

Kunjungan kerja Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana berserta PJU Polda Metro ke Polres Metro Bekasi.

Dalam kunjungan Kapolda Metro kali ini, Nana menekankan lima hal penting bagi Jajarannya. Yang pertama yaitu, pemberantasan narkoba dan memberikan hukuman yang berat bagi pengedar untuk memberikan efek jera.

“Kalian (polisi) adalah alat penegak hukum di negara ini, karena narkoba akan membuat negara ini lemah. Suatu negara ingin membuat negara ini akan dirusak melalui penyaluran narkoba di negara ini. Karena narkoba saat ini sangat berpengaruh dampak negatif kepada seluruh kalangan masyarakat,” ujar Nana menegaskan kepada anggotanya.

.

“Karena kalian semua yang di sini diberikan kewenangan oleh negara untuk menjamin keamanan negara dan masyarakat serta di kewilayahan hukum Kabupaten Bekasi ini,” tambahnya.

 

Akbp Arlon Sitinjak (kiri) kemeja putih

 

Salah satu atensi Kapolda Metro Jaya adalah mengapresiasi kinerja Satuan Resnarkoba Polres Metro Bekasi dipimpin  AKBP Arlon Sitinjak,  SH., MH. karena keberhasilan mengungkap kasus dikendalikan bandar narkoba dari balik lembaga pemasyarakatan (Lapas)  di Bogor,  Jawa Barat.

Menurut Arlon saat didampingi istri  mengucapkan terima kasih kepada kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Hendra Gunawan, S.I.K., M.S.i, Wakapolrestro Bekasi AKBP Luthfie Sulistiawan, S.I.K., M.H., M.S.i yang terus memberikan motivasi dalam kinerja untuk mendukung program kapolda  Metro Jaya menjadikan Bekasi Kabulaten bersama Jakarta ciptakan zero narkotic.

Penghargaan yang diterima ibarat vitamin penambah energi untuk lebih berprestasi dan mananamkan kepercayaan kepada masyarakat.

Penghargaan adalah untuk tim jajaran Satnarkoba Polres Metro Bekasi , bukan  hanya untuk seorang Arlon Sitinjak,  ” Penghargaan itu ibarat vitamin untuk menambah energi  harus lebih bekerja keras, dengan moto ” Bekerjasama dan sama bekerja, ” tanpa anggota, seorang kasat tidak akan bekerja maksimal,  karena anggota adalah mitra kerja,  satu tim work, ” kata Arlon.

Sebelumnya,  Satuan Resnarkoba Polres Metro Bekasi berhasil menangkap kurir ganja seberat 200 kilogram yang sedianya akan digunakan untuk pesta Tahun Baru 2020.

 

Arlon mengatakan kurir ganja yang berhasil diamankan petugas berinisial AR alias ODI (23) merupakan seorang residivis asal Lapas Gunung Sindur Bogor.

“Ganja seberat 200 kilogram yang berhasil kami sita terindikasi akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pesta malam pergantian tahun,” kata AKBP arlon Sitinjak kepada media Kringserse di Cikarang, Minggu(15/3/2020).

Kasat resnarkoba polres metrobekasi Akbp Arlon Sitinjak, SH. MH bersama Ny. Arlon

 

Arlon  mengatakan penangkapan AR alias ODI berawal dari informasi masyarakat yang menyebut ada peredaran narkotika jenis ganja di wilayah Perumahan Grand Resident, Kecamatan Setu.

Berbekal informasi itu petugas kemudian melakukan penyelidikan hingga mendapat petunjuk identitas pelaku peredaran narkotika jenis ganja tersebut.

“Setelah mendapatkan nama dan ciri-ciri pelaku petugas kami langsung melacak keberadaan pelaku,” katanya.

Setelah melakukan pelacakan akhirnya petugas menemukan keberadaan AR di Apartemen Margonda Residence Nomor 1206 Jalan Margonda Raya Nomor 28 Kota Depok, Jawa Barat.

“Saat itu tersangka langsung kita tangkap, tepatnya pada Senin (23/12) pukul 02.00 WIB,” ungkapnya.

Dari hasil interogasi terhadap tersangka petugas berhasil mengungkap gudang tempat penyimpanan narkotika jenis ganja di Jalan Sersan Aning RT 004/005 Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok.

Saat hendak menunjukkan lokasi gudang penyimpanan tersangka melakukan perlawanan sehingga petugas terpaksa melumpuhkan dengan timah panas di bagian kaki.

“Karena pelaku melawan dan hendak melarikan diri, petugas melumpuhkan dengan menembak kaki bagian kiri,” kata perwira menengah  mantan Kasat Reskrim Lolres Metro Tangerang Kota yang sukses mengungkap kasus pembunuhan vitalia di Kota Tangerang, pelaku berhasil ditangkap di wilayah Lampung.

Ditambahkan Arlon,  dari penggeledahan di gudang milik tersangka petugas berhasil menyita barang bukti seberat 200 kilogram ganja. Tersangka mengaku mendapatkan ganja dari AMR alias TJ seorang warga binaan di Lapas Gunung Sindur pada Senin (23/12) pukul 15.30 WIB di bawah jalan layang Pasar Rebo, Jakarta Timur. Tersangka mengaku akan diberikan upah sebesar Rp1 juta persatu kilogram ganja yang berhasil dijual.

“Selanjutnya terduga pelaku berikut barang bukti dibawa ke kantor Satnarkoba Polres Metro Bekasi guna proses pengusutan dan penyidikan lebih lanjut,” kata Arlon

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kata mantan kasat Sabhara Polresta Depok dan Polres Metfo Bekasi Kota ini,   tersangka AR alias ODI dikenakan Pasal 114 Ayat (2) Sub Pasal 111 Ayat (2) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman penjara seumur hidup atau pidana paling singkat lima tahun dan maksimal 20 tahun penjara serta pidana denda maksimum sebagaimana dimaksud pada ayat (2) ditambah sepertiga.***(WAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *