Kapolres Metro Tangerang Kombes Pol Sugeng Hariyanto  sangat mengapresiasi kerja keras apa yang dilakukan warga masyarakat Sepatan Timur.

“Pagi hari ini kita sengaja menghadiri kegiatan panen raya di kelompok tadi Kp. Malang, Desa Gempolsari, Sepatan Timur. Kita sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh warga di Sepatan Timur, karena sejalan dengan program Presiden RI terkait ketahanan pangan ditengah pandemi covid-19,” ujar Kapolres Metro Tangerang Kota Kepada Awak Media di Lokasi Panen Raya.

Menurutnya, dalam kondisi seperti ini perekonomian sangat berpengaruh. Namun kata dia, masyadakat memiliki keinginan bagaimana bisa membangun ketahanan pangan secara mandiri di wilayah ini.

Kapolres menyebut, untuk luas wilayah yang dimanfaatkan dalam panen raya oleh warga seluas 20 hektar. Dengan perkiraan hasil panen sekitar 100 sampai 110 ton.

“Nantinya hasil panen ini sebagian akan dimanfaatkan oleh masyarakat sendiri, dan sebagian akan didistribusikan ke wilayah-wilayah lain yang memang membutuhkan,” terangnya.

 

Kapolres mengatakan, bahwa keberhasilan dalam panen raya ini tak luput dari dukungan unsur TNI-Polri, Muspika Sepatan Timur, Kepala Dinas Kabupaten Tangerang dan anggota DPRD Kabupaten Tangerang H. Zaini.

“Intinya ini adalah kolaborasi stoke holder, karena sebagian lahan ini adalah lahan pinjaman salah satu pemilik swasta yang bisa dimanfaatkan masyarakat,” tukasnya.

Kapolres menambahkan, bahwa program ini harus dirawat berkelanjutan, karena nggak akan tau wabah ini sampai kapan berakhir dan ini sangat penting dalam menghadapi kondisi saat ini.

“Kepada masyarakat saya mengucapkan terimaksih, karena memiliki keinginan dan kemampuan dalam mengelola ini. Dan tolong kepada para petani bisa terus memanfaatkan lahan yang ada di sini sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan oleh petani sendiri dan warga sekitar,” pungkasnya.

Dari Pantauan awak media di lokasi Panen Raya, Kapolres tampak menyerahkan alat bantu pertanian secara simbolis kepada kelompok tani Kp. Malang, Desa Gempolsari, Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang-Banten.***(WAN)