Selamat Datang di Website Kami

Top! Aman dan Kondusif Perayaan Imlek di Wihara Dharma Bakti Petak Sembilan

26 January 2020

by Ridwan Surianto

IMG-20200125-WA0001

KRINGSERSE- JAKARTA  : Top ! jajaran  Polsek Metro Tamansari,  Polres Metro Jakarta  Barat bersama TNI dan unsur terkait berhasil menciptakan situasi aman dan kondusif dalam pelaksanaan perayaan tahun baru Imlek 2571, Sabtu (25/1/2020).

Sebanyak 100 personel gabungan TNI-Polri bersiaga mengamankan jalannya Tahun Baru Imlek 2571 tahun 2020 di Wihara Dharma Bakti, Jalan Kemenangan III Petak Sembilan, Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat, Sabtu (25/1/2020).

“Personel pengamanan kurang lebih 100 orang dari Polri-TNI,” kata Kapolsek Metro Taman Sari, AKBP Abdul Ghafur saat berbincang dengan tim media KRINGSERSE.COM disela-sela pemantauan  di sejumlah vohara di kawasan wilayah hukum Polsek Metro Tamansari, Sabtu (25/1/2020).

Ghafur mengatakan, personel pengamanan di Wihara Dharma Bakti terdiri dari Polsek Taman Sari, Polres Metro Jakarta Barat, Mabes TNI, Kodim 0503/Jakarta Barat, Brimob, serta diperkuat oleh Satpol PP. Mereka bersiaga di lokasi sejak kemarin hingga esok.

“Kami berjaga sampai besok,” jelasnya

Selain di Wihara Dharma Bakti, petugas juga berjaga di sejumlah wihara lainnya. Ghafur mengatakan jumlah wihara di Taman Sari sekitar 13.

“Ada 13 wihara. Personel pengamanan sekitar 200 kita sebar ke yang lain, kita tetap jaga,” jelasnya.

Ghafur menambahkan, hingga saat ini kondisi Wihara Dharma Bakti terpantau aman. Sementara itu, ruas jalan di sekitar wihara dijadikan kantong-kantong parkir dan dijaga masyarakat. Polisi memantau keamanan di seluruh lokasi tersebut.

“Kantong parkir di sepanjang jalan itu semua. Kita minta bantuan sama RW di sana, kan ada pengamanan internal di sana supaya menata parkir,” ucapnya.

Di tempat yang sama, pengurus Wihara Dharma Bakti, Lucas Tjang mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan aparat berwajib untuk mengamankan jalannya perayaan Imlek. Hingga saat ini terdapat sekitar 6.000 umat yang beribadah ke wihara tertua di Jakarta ini.

“Keamanan di sini kita koordinasi dengan baik kepada pihak yang berwajib, jadi di sini umat yang bersembahyang aman, damai dan tertib,” pungkas Lucas.

Sementara itu, pad malam perayaan tahun baru Imlek,  jajaaran personel gabungan polri-TNI elakukan pengamanan kunjungan Gubernur DKI Jakarta Ke Vihara Dharma Bhakti Petak Sembilan Glodok

Polsek Metro Taman Sari – Personil gabungan yang melaksanakan pengamanan di vihara dharma bhakti petak sembilan glodok yang di pimpin oleh Kapolsek Metro Taman Sari AKBP Abdul Ghafur SH, SIK, MSi dan Danramil Tamansari Mayor Kav. Sapta Raharja menerima kunjungan dari gubernur dki Jakarta Bpk Anies Baswedan (Jumat 24/01/2020).

Dalam Kunjungannya Anies mengucapkan selamat tahun baru bagi masyarakat Tionghoa di Jakarta. “Saya ucapkan selamat tahun baru, gong xi fa cai,” kata Anies di Wihara Dharma Bhakti, Petak Sembilan, Jakarta Barat, Sabtu (25/1/2020) beberapa menit usai pergantian hari.

Pada saat kunjungan tersebut personil yang melaksanakan pengamanan   tampak siaga dan membuat perimeter dalam menjaga keamanan ekstra pada saat kunjungan serta supaya tidak mengganggu jalannya ibadah umat di vihara.

Selanjutnya tampak Akbp Abdul Ghafur dan Danramil tamansari mendampingi gubernur dki Jakarta, selanjutnya anies baswedan mengucapkan terima kasih kepada seluruh personil yang mana dalam pelaksanaan pengamanan ini berjalan kondusif walau cuaca hujan, dan personil cukup sigap dan siaga dalam pelaksanaan tugas, ujar nya.***(Wan/hdk/ash)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *