Selamat Datang di Website Kami

Sosialisasi Inpres No. 6 Tahun 2020 di Lingkungan Kepolisian, Polres Ngawi Tindak Sejumlah Anggota Pelanggar

21 August 2020

by Ridwan Surianto

1977d4e4073c12202c1cd5ad94974359

KRINGSERSE.COM (NGAWI)–  Mulai pekan ini, jajaran Polres Ngawi secara rutin melakukan sosialisasi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 dengan menggelar pemeriksaan penggunaan masker bagi seluruh anggota di lingkungan Polres Ngawi.

Saat razia dilakukan oleh Sipropam Polres Ngawi mulai dari pintu masuk gerbang Mako Polres Ngawi, tak ayal seluruh anggota Polres Ngawi yang menjadi sasaran razia banyak yang kelabakan berusaha untuk menghindar. Tidak hanya anggota Polres Ngawi saja, melainkan juga masyarakat yang memasuki area Polres Ngawi menjadi sasaran dari bagian penegakan kedisiplinan tersebut.

Kapolres Ngawi AKBP Dicky Ario Yustisiantom SH.,SIK

“TNI dan Polri menjadi ujung tombak penegakan disiplin protokol kesehatan. Namun sebelum kami melakukan penegakan disiplin pada masyarakat, kami terlebih dulu melakukan kegiatan penegakan disiplin pada anggota kami. Jangan sampai anggota kami melakukan penegakan disiplin pada masyarakat tetapi anggota kami malah justru tidak mematuhi protokol kesehatan,” ujar AKBP Dicky Ario Yustisianto, Kapolres Ngawi kepada kringserse.com, Jumat (21/8/2020).

Beragam alasan pun dilontarkan oleh anggota polisi dan masyarakat yang secara kebetulan mendapatkan sanksi. Seperti tidak sengaja atau lupa tidak memakai masker, dan ada yang merasa gerah sulit bernapas saat memakai masker.

Oleh karena itu, sanksi fisik maupun sosial harus diberikan kepada pelanggar protokol kesehatan tersebut. Untuk anggota polisi maupun ASN, mendapatkan sanksi fisik berupa push up, sedangkan masyarakat mendapatkan sanksi sosial menghafalkan Sila dari Pancasila. Usai menjalani sanksi, mereka langsung mendapatkan masker secara gratis yang diserahkan langsung oleh Kapolres Ngawi.

“Untuk anggota kami yang tidak menggunakan masker, kita minta kartu tanda anggota (KTA) dan diberikan sanksi tindakan disiplin untuk push up,” terangnya.

Adapun untuk kegiatan operasi dari Inpres Nomor 6 Tahun 2020 tersebut, penegakan disiplin protokol kesehatan akan secara rutin dilakukan di lingkungan Polres Ngawi yang juga diikuti oleh polsek jajaran. Hal tersebut dilakukan guna untuk mendisiplinkan anggota dalam mencegah penyebaran Covid-19.

“Jika masih didapati ada anggota yang melakukan pelanggaran protokol kesehatan akan ditindak tegas. Akan kita lakukan proses hukum (sanksi administratif),” pungkasnya.***(WAN/KS02)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *