Selamat Datang di Website Kami

Pelayanan SIM Polres Metro Tangerang Kota Siap Hadapi Masa New Normal

08 June 2020

by Ridwan Surianto

IMG-20200608-WA0053

Kringserse.com – Tangerang Kota . : Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Metro Tangerang Kota AKBP Agung Pitoyo Putra menegaskan Satpas SIM  Polres Metro Tangerang Kota sejak Selasa,  2 Juni 2020,  siap melayani masyarakat saat penerapan kehidupan normal yang baru atau New Normal di tengah Pandemi Covid-19

Hal itu dipastikan Agung Pitoyo setelah melakukan peninjauan bersama tim media Kringserse ke area pelayanan Satpas SIM di Polres Metro Tangerang Kota,  di jln. Daan Mogot, Kota Tangerang, Senin (8/6/2020).

 

“Saya lihat dari awal bagaimama kesiapan anggota di sini yamg melayani. Di sini saya lihat anggota yang melayani sudah siap, semua sudah bagus,” kata Kasat Lantas Polres Metro Tangerang Kota kepada Pemred media Kringserse..

Menurut mantan Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Utara ini, dalam penjelasannya, Satpas SIM di Polres Metro Tangerang Kota sudah menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan anjuran Pemerintah Indonesia untuk penanganan virus SARS-CoV-2.

“Aspek sarana dan prasarana sudah bagus kursi tertata bagus ,pakai jarak, termasuk unit pelayanannya sudah diubah semuanya. Ini standar pelayanan yang utamakan kesehatan menjadi penting itu yang utama,” paparnya.

Dalam pantauan Tim media, pelayanan prima terhadap masyarakat terus dilakukan jajaran Satlantas petugas Satpas SIM Polres Metro Tangerang Kota, mulai dengan menerapkan 3 S (Senyum,  Sapa dan Salam), melakukan pemeriksaan ketat terkait pedoman Protokol Kesehatan Covid-19, pemeriksaan suhu tubuh, penyediaan cuci tangan, pemgaturan tempat duduk diruang tunggu, begitu pula dengan para petugas.

 

Dalam bentuk pelayanan masa pandemi covid -19 menuju tatanan kehidupan baru, Agung menyampaikan kepada masyarakat bahwa apabila ada sedikit perubahan pelayanan adalah hal wajar lantaran terjadinya pandemi Covid-19. Misalnya, jam kerja dipersingkat atau terjadinya sedikit perlambatan.

“Kalau ada perlambatan ini karena kapasitas pelayanannya kami kurangi, yang biasanya normal mungkin sehari 400 hanya bisa dilayani 200 nah ini terjadi perlambatan,” ucapnya.

Tetapi, Agung menekankan, pelayanan SIM bagi masyarakat tetap akan berjalan masksimal. Mengingat, kedepannya jajaran polisi sabuk putih akan terus melakukan evaluasi demi meningkatkan pelayanan publik di tengah pandemi Covid-19.

“Tapi semua maksimal untuk pelayanan ini dan kita liat secara langsung nanti kami terus evaluasi untuk penyempurnaan pelayanan publik ini secara baik nanti kami lihat perkembangannya ,ini kan dinamis, dan akan selalu kami sempurnakan,” katanya.

Untuk diketahui,  layanan pembuatan dan perpanjangan SIM di Satpas dan Polres wilayah hukum Polda Metro Jaya kembali dibuka pada Selasa, 2 Juni 2020. Pembukaan layanan tersebut merupakan tindak lanjut dari surat telegram nomor ST/1537/V/YAN.1.1./2020 tanggal 29 Mei 2020, yang ditandatangi oleh Kakorlantas Polri Irjen Istiono.

Pelayanan publik di seluruh unit pelayanan Polres Metro Tangerang Kota,  misalnya pelayann SIM,  SKCK,  dan SPKT di masa tatanan kehidupan baru (new normal) harus berubah dengan mengutamakan aspek kesehatan. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus corona.

Dikatakannya,  hal ini juga sebagai bentuk edukasi bagi personil polri dan masyarakat.

Oleh karena itu, para petugas dan masyarakat perlu beradaptasi dengan kebiasaan baru dalam bentuk prosedur atau protokol baru yang berbasis pada kesehatan dan kebersihan serta physical distancing.

“Misalnya memakai masker dalam bertugas dan beraktifitas,  menjaga jarak nantinya akan menjadi hal yang biasa. Ini akan menjadi budaya baru dalam kehidupan sehari-hari, ” jelas Agung Pitoyo Putra. ***(Ridwan)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *