Selamat Datang di Website Kami

Masa Pandeni Corona Polres Kediri Gelar Operasi Ketupat Semeru 2020,  Lakukan Penyekatan dan Periksa Kesehatan Pemudik Menuju Kediri

12 May 2020

by Ridwan Surianto

IMG-20200426-WA0261-681x454

KRINGSERSE (KEDIRI) – Di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19, Polres Kediri menggelar Operasi Ketupat Semeru 2020.

Dalam operasi tersebut, dilakukan penyekatan bagi para pengendara yang hendak mudik.

Selain itu juga dilakukan check point untuk mengantisipasi kendaraan yang terindikasi melaksanakan Mudik Lebaran 2020. Upaya itu dilakukan untuk memutus penyebaran Covid-19.

Kapolres Kediri, AKBP Lukman Cahyono, ketika melkukan pengecekan menjelaskan, pada kegiatan tersebut petugas gabungan juga membagikan masker kepada para pengendara.

“Bagi kendaraan yang akan masuk wilayah Kabupaten Kediri kami kembalikan untuk putar balik. Kami sarankan untuk tidak mudik,” jelasnya.

Check point dilakukan mulai Sabtu (25/4/2020) dengan penjagaan petugas selama 24 jam.

Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 yang masuk Kabupaten Kediri. Apalagi pemerintah pusat telah resmi melarang masyarakat untuk mudik Lebaran.

“Dari hasil pemeriksaan kelengkapan surat kendaraan mayoritas pemudik berasal dari Surabaya. Mereka akan mudik ke sejumlah wilayah di Kabupaten Kediri, Tulungagung, dan Trenggalek” beber AKBP Lukman Cahyono.

Selain pemeriksaan kelengkapan surat, petugas juga melakukan pemeriksaan kesehatan dan riwayat perjalanan pemudik.

Di setiap pos juga disiapkan personel dengan baju hazmat dan alat pelindung diri (APD) sebagai antisipasi penularan virus Corona, termasuk pemeriksaan suhu badan, bagi yang tidak normal wajib rapid test.

“Bila ada pemudik yang terindikasi gejala terjangkit virus Covid-19 maka akan dibawa ke rumah sakit. Kami fokus tidak hanya keamanan, tapi juga kesehatan masyarakat,” tandasnya.

Operasi Ketupat Semeru 2020 berlangsung mulai 24 April–31 Mei atau selama 37 hari.****(Ridwan/RZL)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *