Selamat Datang di Website Kami

Kasubbag Humas Polres Tangkot : “ Humas Harus Profesional Dalam Menyampaikan Informasi“

24 November 2019

by Ridwan Surianto

IMG20191124153714

  Kringserse. com-Tangerang Kota.  :Dalam rangka mempercepat pencapaia n program prioritas  Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes pol.  Abdul Karim, S.I.K diantaranya Peningkatan profesionalieme Polri menuju keunggulan serta membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat, peningkatan pelayanan publik yang lebih mudah bagi masyarakat dan berbasis tekhnologi informasi.

Humas Polres Metro Tangerang Kota (Tangkot) melalui Kasubbag Humas yang kini dijabat Kompol Abdul Rohim,  SH terus meningkatkan kemampuan kehumasan dengan penekanan pada profesional, prosedural dan proporsional, kuncinya adalah membangun komunikasi dengan semua pihak. “ Kunci yang paling utama adalah komunikasi. Komunikasi formal maupun informal. Dengan kehumasan kelembagaan pemerintah, swasta maupun media, “ tutur perwira yang akrab dengan para awak media.

Humas, lanjutnya,  merupakan bagian vital yang didalamnya terdapat peran yang sangat penting bagi institusi POLRI, khususnya di jajaran Polres Tangkot, Humas menjadi bagian yang bisa menyampaikan berbagai sumber informasi kepada masyarakat,  sebagai bukti implementasi dari UU no 14 th 2008 tentang  KIP (keterbukaan Informasi Publik).
Hal itu disampaikan Kompol Abdul Rohim kepada media kringserse usai pelaksanaan apel gelar pasukan Pengamanan Kampanye Pilkades 2019 di Lapangan Tunas Jaya,  Kecamatan Teluknaga,  Kabupaten Tangerang,  Minggu (24/11/2019).

Dikatakannya, Polri Sebagai badan publik, tidak terlepas dari sorotan berbagai media  skala nasional  maupun internasional, baik media cetak, elektronik, maupun media on line, terkait dengan visi misi Polri sebagai aparat penegak hukum yang melindungi, melayani dan mengayomi masyarakat.

Sebagai ujung tombak pelayan informasi, sosoknya sudah tidak asing lagi bagi para pemburu informasi dan berita baik wartawan cetak, elektronik, on line juga masyarakat dalam membantu menyampaikan segala informasi yang terjadi di wilayah hukum Polres Metro Tangerang. Maklum, karena setiap ada peristiwa terkait dengan pengungkapan kasus, dirinya menjadi orang nomor satu yang menjadi sumber konfirmasi, sebaliknya ketika ada kegiatan jajaran Polrs Metro Tangkot sebagai orang  pertama yang menginformasikan kepada  awak media.   “  Para  wartawan adalah sahabat polisi, mitra polisi yang berjasa menyampaikan keberhasilan kinerja Polri, khususnya jajaran wilayah hukum Tangerang Kota.  Disisi lain, rekan-rekan media juga bisa sebagai alat kontrol sosial yang bisa memberikan informasi kepada Polri baik dari sumber langsung dilapangan  maupun aspirasi warga. Karena itu skala prioritas  dari program humas adalah selalu meningkatkan hubungan kerja dengan sebaik-baiknya, “ katanya.

Ditambahkannya,  seperti halnya  pelaksanaan apel gelar pasukan pengamanan pilkades 2019 kali ini,  tanpa membangun komunikasi dan sinergi dengan awak media, tentu rekan-rekan tidak akan hadir untuk meliput.

“Alhamdulillah,  hanya dengan info melalui WA,  rekan-rekan wartawan begitu sangat respon dan partisipasi dalam peliputan,  sehingga kegiatan Polres Tangkot akan sampai ke publik,  ” katanya.

Fungsi Kasubag Humas, lanjutnya,  bukan hanya  terkait dengan pengungkapan kasus semata. Bisa saja terkait program, aturan, kebijakan yang tentunya ada landasan hukum nya, Humas juga bisa berfungsi sebagai metode koordinasi secara external di lingkungannya. Humas menjadi wadah dalam melayani masyarakat, terutama di bidang pencitraan kepolisian, dengan mengedepankan funsi-fungsi yang langsung bersentuhan dalam pelayanan masyarakat, untuk disebarkan kepada khalayak ramai  melalui Media cetak, maupun elektronik, serta himbauan- himbauan terkait kamtibmas, agar mudah diketahui, dimengerti dan dipahami oleh masyarakat itu sendiri.

Menurutnya, kini era media, dimana setiap peristiwa yang terjadi begitu cepat sampai ke publik dalam hitungan detik. Artinya, Humas Polres Tangkot termasuk humas di tingjat Polsek jajaran Polres sebagai Public Relation dituntut professional dan proaktif dan harus berpacu dengan waktu dan mengejar  alih teknologi sesuai  perkembangan zaman. Karena itu pihaknya terus  meningkatkan  kemampuannya melalui pelatihan dan ketrampilan mengolah, menyimpan data, mendokumentasikan, kemudian mengolah menjadikan sebuah berita, baik news, maupun release, serta membuat laporan melalui jenis-jenis klasifikasi informasi, untuk bisa dilihat oleh semua orang, kecuali informasi yang dikecualikan. “ Dalam menyampaikan ke publik terkait perkembangan kasus-kasus menonjol yang menjadi perhatian khalayak ramai, namun tetap sesuai koridor dan aturan yang tidak melanggar kode etik dan norma apapun, tetap bersumber pada fakta dan kejadian, dengan berkoordinasi pejabat polres dalam hal ini bapak kapolres,” katanya.

Dikatakannya,  humas tidak hanya mendokumentasikan atau mengumpulkan data, baik data satuan kerja maupun data polsek, namun menjalin hubungan yang baik, bersinergi, koordinasi dan bekerja sama dengan humas di lingkungan Pemerintah dan Kelembaga juga berbagai instansi. Sinergitas antar humas sangat membantu sekali dan sangat positif dalam mempublikasikan ke masyarakat luas, tentang kegiatan-kegiatan di polres, di polsek jajaran, serta  aktifitas masyarakat dan sebagainya, misalnya  informasi program bersama antara unsur kepolisian, TNI, para stakeholders, komunitas masyarakat hingga tingkat  polsek terkait kegiatan yang mengedepankan sinergitas tiga pilar, “ Tentunya ini bisa di manfaatkan untuk menunjang tugas-tugas humas polres, peran media cetak maupun on line dalam menyampaikan setiap informasi ke masyarakat sangat lah penting, karena dengan kemajuan teknologi khususnya jaringan internet yang tidak ada batas nya, “ katanya.***(Ridwan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *