Selamat Datang di Website Kami

Inilah Kreatifitas & Kepedulian Polsek Jatiuwung Antisipasi Banjir Serta Rumsong  

01 January 2020

by Ridwan Surianto

IMG-20200101-WA0028

KRINGSERSE. COM-TANGERANG.  :  Keterbatasan  sarana dan prasarana yang dimiliki Polsek Jatiuwung, Polres Metro Tangerang Kota  ternyata mampu menciptakan  karya kreatifitas mandiri bagi jajaran polisi yang bertugas diwilayah hukum Jatiuwung,  Kota Tangerang,  Provinsi Banten.

Dalam rangka memberikan bantuan kepada  masyarakat, Kapolsek Jatiuwung Kompol Aditya SM Sembiring, S.I.K  dengan  para perwira Polsek Jatiuwung mengantisipasi adanya musim hujan dan banjir, namun karena keterbatasan polsek dalam rangka memenuhi visi dan misi Pelayanan kepada masyarakat, guna mengevakuasi masyarakat yang terjebak banjir, sementara tidak tersedia adanya perahu, maupun perlengkapan banjir lain.

Kata peribahasa,  ” Tak ada rotan,  akarpun jadi “, kererbatasan sarana alat bantu dampak korban banjir,  tidak menjadi kendala dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

Bahkan, berhasil mencetuskan ide kreatifitas. Kapolsek Jatiuwung memerintahkan semua perwira untuk mencari dan mengumpulkan barang-barang  bekas seperti palet plastik, jerigen, tambang dan cat. Hal itu menjadi pertanyaan bagi para perwira, buat apa barang-barang  itu, apa hubungan dengan  persiapan antisipasi banjir ?.

Namun setelah barang-barang bekas yang diperintah Kapolsek tersebut berkumpul (jerigen, palet, tambang dan cet) baru mengerti, ternyata barang tersebut dirakit dijadilan perahu, yang pada tgl *1 Januari 2020* ini dpt digunakan untuk membantu masyarakat yang terjebak banjir diwilayah Jatiuwung.

Sementara wilayah lain menolong masyarakat dengan ban, polsek Jatiuwung menggunakan rakit dari limbah barang bekas, ” Demi kebaikan masyarakat apapun kami lakukan, ” katanya kepada Media Kringserse.com di Mapolsek Jatiuwung, Rabu (1/1/2020).

Menurut Kapolsek Jatiuwung Kompol Aditya yang didampingi Kanit Reskrim AKP Jazuli,  di wilayah terdapat beberapa titik yang mengalami dampak banjir,  diantaranya perumahan Total Persada,  Kawasan Kelurahan Periuk, perumahan Periuk Damai,  Vila Tangerang Regency, Perumahan Periuk Jaya,  Kelurahan Gembor,  Perumahan Taman Cibodas,  dan  Gebng Raya.

” Biasanya,  perumahan yang terkena banjir berasal dari dampak banjir kiriman, karena beberapa kali dan tabggul tidak mampu menampung air akibat bnjir kiriman,  maka wilayah-wilayah tersebut terkena dampaknya,  ” katanya.

 

Sementara mengantisipasi,  adanya tindak pidana pencurian rumah kosong (Rumsong) yang ditinggal penghuni korban banjir karen mengungsi.  Kanit Reskrim Polsek Jatiuwung AKP Jazuli menjelaskan,  jajaran unit Reskrim Polsek Jatiuwung mengefektifkan fungsi kringserse  dengan menyebar anggota  disejumlah titik rawan dan  menggalang sinergi dengan  mitra kepolisian,  diantaranya  Pokdar Kamtibmas.  ***(wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *