Selamat Datang di Website Kami

INI ARAHAN KAPOLRES EFEKTIFKAN KINERJA POLWAN POLRES METRO JAKARTA TIMUR, ” Laksanakan Patroli Dialogis, Hindari Bergaya Hidup Mewah “‘

15 January 2020

by Ridwan Surianto

IMG20200114153834

Kringserse.com – Jakarta.   : Kapolri Jenderal Pol Idham Azis membuat gebrakan baru. Seluruh anggota Polri dilarang pamer kemewahan. Baik di Media Sosial (Medsos) maupun dalam kehidupan sehari-hari.

 

Menindaklanjhiputi perintah Kapolri, Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Arie Ardian Rishadi,  S.I.K memberikan pengarahan dan pembekalan kepada seluruh personel  Polwan  bertugas di Polres dan Polsek jajaran Polres Metro Jakarta Timur di Aula Serba Guna Lt. 6 Polres Metro Jakarta  Timur,  Selasa (14/1/2020).

Menurut Kapolres, larangan tersebut tertuang dalam surat Telegram yang diterbitkan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo dengan nomor ST/30/XI/HUM.3.4/2019/DIVPROPAM yang diteken pada 15 November 2019.

Dalam aturan tersebut, seluruh anggota Polri diminta menerapkan pola hidup sederhana. Karena itu, polisi dilarang mengunggah foto ataupun video di medsos yang menunjukkan gaya hidup hedonis.

Ditambahkan Kombes Arie, sebab hal itu dapat menimbulkan kecemburuan sosial. Aturan tersebut tak hanya berlaku pada anggota kepolisian saja. Tetapi juga pada Bhayangkari dan keluarga besar Polri.

“Aturan tersebut merupakan arahan langsung Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis. Ini terkait dengan profil Polri yang berada di tengah-tengah masyarakat. Tentu anggota harus menampilkan diri sebagai Polri yang dekat dengan masyarakat. Posting hal-hal yang sifatnya pamer seharusnya dihindari. Aturan ini juga berlaku kepada keluarga anggota Polri, termasuk para personel Polwan di jajaran Polres Metro Jakarta Timur , ” jelas Kombes  Pol Arie Ardian didampingi Kabagsumda AKBP Husaimah dihadapan ratusan Polwan Polres Metro Jakarta Timur.

Menurut Arie Ardian, aturan ini dibuat sebagai rangkaian dari reformasi mental. Tujuannya mewujudkan Polri yang lebih dekat dan dicintai masyarakat.

“Anggota Polri harus senantiasa menjaga diri. Selain itu, menempatkan diri dengan pola hidup sederhana. Baik di lingkungan internal maupun dalam kehidupan bermasyarakat,” papar mantan Kapolresta  Bandara Soekarno Hatta ini.

Dikatakan, instruksi tersebut agar anggota Polri, termasuk keluarganya tampil bersahaja dan tidak berlebihan. Menggunakan medsos tidak dilarang. Namun, anggota Polri harus bijak dalam memanfaatkan medsos.

“Gunakan medsos untuk hal yang bersifat positif. Hindari tampilan yang bersifat hedonis,” ucapnya.

Selanjutnya,  Kapolres menekankan  kepada seluruh Polwan untuk lebih maksimal dalam  meningkatkan kinerja, jangan hanya bertugas di zona aman. ” Bagaimana  Polwan mampu mengambil peran,  berkecimpung ditengah masyarakat,  berinteraksi dengan masyarakat,  jangan hanya berharap bertugas di zona aman,  hanya diam dikantor, apel dan tidak pernah  untuk berinovasi , berbuat ntuk institusi Polri yang menjadi pilihan OKhidup ” katanya.

Kapolres pun memahami peran dan tugas Polwan, memiliki peran publik dan  jug domestik.

Kapolres juga menekankan untuk mengefektifkan peran polwan,  diantaranya melalui program ” Polwan Patroli Jumat “, yaitu program   khusus setiap hari Jumat,  personel Polwan melksanakan kegiatan patroli dilogis dan mobile,  diantaranya di sekitar masjid yang lokasinya strategis dan menjadi pusat perhatian jamaah,  karena jumlah jamaah yang besar.

” Sementara polisi pria yang beragama Islam melaksankan ibadah sholat Jumat, maka Polwan mengambil peran  sementara melalui kegiatan penjagaan dan  patroli,” ujarnya.

Personel Polwan didampingi anggota polisi pria yang bukan beragama Islam menjaga  gerbang mako  Polres untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat yang datang ke polres.

Selain itu, lanjut Kapolres,  Polwan bersama-sama membntu masyarakat yang akan sholat jumat, misalnya melksankn gatur lalu lintas.

“Semua itu dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan prima,  sekaligus  membuktikan kepada masyarakat akan kehadiran polisi di tengah masyarakat, ” katanya.

Kapolres juga mengarahkan  para polwan untuk pro aktif menyambangi masyarakat,  panti sosial, majelis taklim,  bahkan kalau perlu menjadi guru ngaji. ” Hakekatnya semua tugas Polri itu sejalan dengan nilai-ibadah,  ” katanya.

 

Sementara Kabagsumda Polres Metro Jakarta Timur AKBP  Husaimah menyatakan siap melaksanakan  perintah  pimpinan,  juga menghimbau dan mengingatkan  kepada para Polwan untuk melaksanakan perintah Kapolres.***(Wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *