Selamat Datang di Website Kami

Hari Ketiga Olah Strategi Sespimmen Polri: Pelaksanaan Supervisi serta Pengawasan dan Pengendalian

08 November 2019

by Ridwan Surianto

IMG-20191108-WA0014

KRINGSERSE. COM-JABAR. : Pelaksanaan Olah Strategi yang diikuti oleh seluruh peserta didik Sespimmen Polri Dikreg ke-59 telah memasuki hari ketiga, pada Rabu (6/11/2019) lalu. Skenario yang diberikan pada hari ketiga berbeda dengan skenario pada hari pertama maupun kedua.

Pada hari ketiga latihan olah strategi ini, peserta didik diberikan skenario mengenai pelaksanaan supervisi dan pengawasan pengendalian dari satuan yang lebih tinggi atau polda. Para serdik yang diasumsikan menjabat pada suatu polres diharapkan untuk menyiapkan segala dokumen yang berkaitan dengan pelaksanaan supervisi, baik dokumen berupa pelaksanaan kegiatan operasional maupun pembinaan sampai pada penyerapan anggaran yang telah dilakukan dilengkapi dengan pertanggungjawaban keuangan.

Pada kondisi sebenarnya, pelaksanaan supervisi ini tidak hanya dilakukan oleh fungsi pengawasan pada tingkat Polda tetapi juga melibatkan fungsi pengawas eksternal khususnya dalam hal audit atau pemeriksaan keuangan yaitu BPK (Badan Pemeriksa Keuangan).

Skenari hari ini (Rabu-red)  ketiga ini menjadi hal yang penting dan krusial karena setiap pelaksanaan tugas maupun kegiatan kepolisian yang dilaksanakan pada suatu polres atau KOD (Kesatuan Operasional Dasar) harus dilakukan evaluasi dan analisis sehingga dapat diketahui sejauh mana polres melaksanakan kegiatannya serta sesuai dengan anggaran yang digunakan. Pelaksanaan analisis dan evaluasi menjadi salah satu tahapan manajemen yang penting sehingga seluruh rangkaian kegiatan dapat terlaksana dengan baik serta hambatan/kendala dalam pelaksanaannya dapat diminimalisir serta diperbaiki.

Ketiga olah strategi pada hari ketiga ini merupakan kegiatan terakhir dan akan dilanjutkan dengan wash up serta penutupan latihan secara resmi dilaksankan pada keesokan hari, Kamis (7/11/2019) silam.***(WAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *