Selamat Datang di Website Kami

Antisipasi, Setelah TPU Pondok Rangoon, Kini TPU Rorotan Disiapkan Pemprov DKI Untuk Jenazah Korban Covid-19

28 September 2020

by Ridwan Surianto

foto-tpu-pondok-ranggon-covid-190809202012

KRINGSERSE.COM (JAK UT)- Hari ke hari pasien terpapar Covid-19 terus bertambah. Ini diiringi dengan angka kematian yang juga terus meningkat. TPU Pondok Ranggon yang selama ini menjadi lokasi pemakaman pasien terpapar Covid-19 pun nyaris tak lagi mampu menampung.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Dinas Bina Marga DKI Jakarta melakukan pematangan lahan makam untuk jenazah Covid-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rorotan, Jakarta Utara. Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho mengatakan, luas lahan 20.000 meter persegi atau dua hektar itu sedang proses pematangan dengan membuka akses jalan masuk seluas 210 meter persegi.

“Sekarang baru mencapai empat persen. Lagi proses fill atau pengurukan dan pembuatan akses jalan masuk menuju lahan pemakaman,” kata Hari Nugroho, Senin (28/9/2020).

Disampaikan Hari, pengerjaan pematangan lahan TPU Rorotan mengerahkan alat berat seperti, tiga unit ekskavator, dua unit dozer, satu unit mesin giling, dan 10 unit dump truck. Alat berat tersebut melakukan proses cut and fill yaitu menjadikan permukaan tanah lebih rata sehingga memudahkan proses penggalian untuk penguburan jenazah.

“Dengan luas lahan dua hektare ini diperkirakan bisa 6.000 petak makam. Rencana pematangan lahan di TPU Rorotan sampai dengan Desember 2020,” jelas Hari.

Penambahan dan pengerjaan lokasi tersebut dimulai pada pertengahan September ini dan diharapkan tuntas pada Desember mendatang.(WAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *