Selamat Datang di Website Kami

Top ! Kado HUT Lalulintas ke 65, Polres Semarang Luncurkan Unit Khusus Tangani Kecelakaan

22 September 2020

by Ridwan Surianto

kapolres-semarang-akbp-gatot-hendro-hartono-bersama-bupati-semarang-mundjirin

KRINGSERSE.COM ( UNGARAN ) – Top ! Polres Semarang selalu berinovasi dalam meningkatkan pelayanan prima terhadap masyarakat. Kali ini, Kado istimewa HUT Lantas Bhayangkara  ke 65, Dalam rangka mempercepat penanganan kejadian kecelakaan lalulintas Polres Semarang meluncurkan Unit Keselamatan Terpadu, hal ini untuk mempercepat dalam penanganan kasus kecelakaan lalulintas khususnya di wilayah hukum Polres Semarang dan peluncuran ini ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama Polres Semarang, Pemkab Semarang bersama stakeholder terkait, di Gedung Condrowulan Polres Semarang, Senin (21/09/2020)

Kapolres Semarang AKBP Gatot Hendro Hartono SE MSi mengatakan unit terpadu kecelakaan lalu lintas tersebut meliputi penanganan kejadian di jalan raya dan penumpang umum.  unit terpadu keselamatan dan kecelakaan lalu lintas meliputi penanganan kasus kecelakaan baik di jalan raya dan penumpang umum. Termasuk didalamnya adalah kecelakaan di jalan tol dengan dukungan Call Centre 112 Pemkab Semarang. Unit yangdiluncurkan sekarang ini adalah gabungan dari berbagai stakeholder terkait dalam penanganan kecelakaan.

“Unit ini gabungan berbagai stakeholder penanggungjawab jalan termasuk di jalan tol melalui dukungan Call Center 112 Pemkab Semarang,” terangnya kepada media kringserse.com.

“Peluncuran unit unit keselamatan terpadu ini bersamaan dengan peringatan HUT Lalulintas ke 65. Untuk teknis penanganan kasus kecelakaan ini, nantinya berada dalam satu sistem pelayanan. Unit keselamatan terpadu ini juga telah dilakukan sosialisasi dan jika terjadi kecelakaan lalu lintas di jalan protokol maupun jalan tol maka pihak- pihak terkait akan langsung melakukan tindakan penanganan. Kecepatan petugas penanganan kecelakaan ini akan diutamakan,” jelas mantan Kapolres Salatiga, Polda Jateng.

Menurut AKBP Gatot, peluncuran unit keselamatan terpadu tersebut sekaligus memperingati HUT Lalulintas ke 65. Adapun teknis kerja unit khusus penanganan kecelakaan ini terhubung dalam satu sistem pelayanan.

Ia menambahkan, apabila terjadi kecelakaan lalu lintas baik di jalan tol maupun jalan protokol, pihak- pihak terkait akan langsung mengambil tindakan penanganan.

“Untuk kesiapan stakeholder unit keselamatan terpadu ini sudah dilakukan simulasi. Tercepat petugas tiba dilokasi dengan waktu tempuh 2,5 menit,” katanya

Ditambahkan, untuk penanganan kecepatan secara maksimal telah disebar para petugas Satlantas di sejumlah wilayah. Diantaranya di Ungaran, Bawen, Ambarawa, serta Getasan. Harapannya, dengan adanya unit terpadu ini maka penanganan kejadian kecelakaan akan semakin cepat.

Kapolres Semarang saat menandatangani Mou Unit Keselamatan Terpadu. .

Peluncuran kendaraan penanganan kecelakaan terpadu. 

 

 

 

Adiel Aristo, menegaskan terkait pelayanan, baik rumah sakit atau pihak terkait harus memudahkan masyarakat dalam membantu menginformasikan dan membantu penanganan kecelakaan lalu lintas.

Selain itu, apabila ada kecelakaan di jalan tol, petugas tidak perlu lagi ngetap pembayaran di gerbang tol karena kasus ini emergensi. Karena yang dibutuhkan adalah kecepatan penanganannya dan dari permasalahan inilah, akhirnya unit keselamatan terpadu terbentuk.***(wan/rz).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *