Selamat Datang di Website Kami

Inilah Bukti  Kesiapan Layanan SIM  Satlantas Polres Tangsel Menghadap Era New Normal 

13 June 2020

by Ridwan Surianto

IMG-20200613-WA0032

Kringserse.com- Tangsel.  : Satuan Lalulintas Polres Tangerang Selatan  sudah membuka kembali layanan pengurusan SIM (Surat Izin Mengemudi) setelah tutup beberapa pekan di tengah wabah virus corona (Covid-19). Bahkan pembukaan kembali layanan SIM lebih cepat dari jadwal semula.

Tadinya penutupan layanan perpanjangan SIM diperpanjang sampai 29 Juni 2020. Ternyata, sejak Selasa 2  Juni 2020 pelayanan Perpanjangan SIM sudah dapat dilaksanakan di Satpas SIM Polres Tangsel di Jalan.  Cilenggang, BSD,  Serpong,  Kota Tangerang Selatan.  Sedangkan untuk Gerai dan Sim keliling belum beroperasional.

Kendati sudah dibuka kembali, layanan SIM terasa berbeda ketimbang masa sebelum wabah Covid-19. Kini, di era tata normal baru (new normal), semua peserta wajib pakai masker, begitu pula dengan petugas. Masker hanya boleh dilepas peserta saat akan difoto petugas.

Bangku untuk peserta yang antre juga dibatasi dengan penanda. Ini demi mematuhi protokol cegah Covid-19 yang disyaratkan pemerintah.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Tangerang Selatan, AKP Bayu Marfiando S.I.K menegaskan Satpas SIM  Polres Tangerang Selatan (Tangsel), sejak Selasa,  2 Juni 2020,  siap melayani masyarakat saat penerapan kehidupan normal yang baru atau New Normal di tengah Pandemi Covid-19

Hal itu dipastikan Perwira Akpol 2009 ini setelah melakukan peninjauan bersama tim media Kringserse ke area pelayanan Satpas SIM Polres Tangerang Selatan (Tangsel), Sabtu (13/6/2020).

“Dapat dilihat dari Proses awal bagaimana kesiapan anggota melayani para pemohon SIM baik Baru maupun perpanjangan, semua sudah cukup bagus menurut saya,” kata Kasat Lantas Polres AKP Bayu Marfiando, S.H, S.I.K kepada Pemred media Kringserse.

Menurut Kasat Lantas Polres Metro Tangerang Selatan dalam penjelasannya, Satpas SIM di Polres Tangsel sudah menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan anjuran Pemerintah untuk hidup berdampingan deng Covid-19 ini.

“Aspek sarana dan prasarana sudah sesuai dengan standar Operasional dlm penanganan Covid-19 seperti penataan kursi diruang tunggu yang berjarak Minimal 1 Meter, Jarak antrian menggunakan Lis sebagai penanda masyarakat berdiri, menyediakan Antiseptik dan tempat cuci tangan serta petugas yg berjaga dipintu masuk untuk mengecek Suhu tubuh pemohon dengan menggunakan Thermogun. Ini standar pelayanan yang mengutamakan kesehatan di era New Normal ini” paparnya.

Dalam pantauan Tim media, pelayanan prima terhadap masyarakat terus ditingkatkan jajaran Sat Lantas di Satpas SIM Polres Tangerang Selatan mulai dengan menerapkan 5 S (Senyum,  Sapa, Salam,Sopan dan santun) serta melakukan pemeriksaan ketat terkait pedoman Protokol Kesehatan Covid-19.

 

Sebagai bentuk standar pelayanan baru di masa pandemi covid -19 menuju tatanan kehidupan baru ini, AKP Bayu Marfiando menyampaikan kepada masyarakat bahwa apabila ada sedikit perubahan pelayanan adalah hal wajar lantaran terjadinya pandemi Covid-19. Misalnya, jam kerja dipersingkat atau terjadinya sedikit perlambatan.

“Bila ada perlambatan ini dikarenakan kapasitas pelayanannya kami kurangi. kapasitas dimasa normal kami kurangi setengahnya, hal ini yg membuat terjadinya perlambatan dalam proses kecepatan pelayanan” ucapnya.

Namun Bayu menekankan pelayanan SIM bagi masyarakat tetap akan berjalan maksimal, Mengingat kedepannya jajaran laluLintas Kota Tangerang Selatan akan terus melakukan evaluasi demi meningkatkan pelayanan publik di tengah pandemi Covid-19 ini.

“dan tentu saja semua diupayakan maksimal dalam pelayanan dan kita liat secara langsung kemudian kami terus evaluasi untuk penyempurnaan pelayanan publik ini. kami akan melihat perkembangannya ,situasi saat ini kan dinamis, dan akan selalu kami sempurnakan,” katanya.

Untuk diketahui,  layanan pembuatan dan perpanjangan SIM di Satpas dan Polres wilayah hukum Polda Metro Jaya kembali dibuka pada Selasa, 2 Juni 2020. Pembukaan layanan tersebut merupakan tindak lanjut dari surat telegram nomor ST/1537/V/YAN.1.1./2020 tanggal 29 Mei 2020, yang ditandatangi oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs. ISTIONO. M.H. yang kemudian diperbarui melalui Surat telegram Kakorlantas Nomor: ST/1637/VU/YAN.1.1./2020 tanggal 09 Juni 2020 Tentang penpanjangan dispensasi proses perpanjangan Sim mulai 01 Juli s/d 31 Agustus 2020.

Pelayanan publik di seluruh unit pelayanan Polres Tangsel, misalnya pelayann SIM,  SKCK,  dan SPKT di masa tatanan kehidupan baru (new normal life) ***(Ridwan)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *