Selamat Datang di Website Kami

AKBP BISMO TEGUH PRAKOSO GENAP TIGA  BULAN MENJABAT KAPOLRES MAJALENGKA  SUKSES MENEMBAK HATI MASYARAKAT

22 May 2020

by Ridwan Surianto

3-700x420

KRINGSERSE (MAJLENGKA) :  Genap tiga bulan menjabat Kapolres Majalengka, AKBP Bismo Tegih Prakoso, berhasil meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

Kapolres Majalengka Akbp Bismo Teguh Prakoso

 

Kapolres Majalengka AKBP Bismo.  membocorkan filosofinya dalam menjalankan tugas. Bagi dia, yang utama adalah mampu menyentuh hati masyarakat, sehingga publik bisa merasakan manfaat kehadiran dan fungsi institusi kepolisian.

“Jadilah polisi yang bisa tembak hati masyarakat, itu filosofi saya. Kalau kita bisa tembak hatinya masyarakat, maka tidak ada yang tidak bisa diselesaikan,” ujar Bismo saat bincang-bincang jarak jauh  dengan tim media Kringserse dari Jakarta, Jumat (22/05/2020).

Ia memastikan Polres Majalengka di bawah komandonya akan total mewujudkan keamanan dan ketertiban di masyarakat. “Kami minta bantuan semua pihak agar keamanan dan ketertiban bisa terwujud,” tandasnya.

Perwira AKPOL 2001 Peraih gelar istimewa ADHIMAKAYASA ini, juga menegaskan akan terus menjalin sinergitas dengan forkompimda , para ormas, seluruh elemen masyarakat, termasuk awak media. Apalagi  media dengan kepolisian adalah dua unsur yang saling membutuhkan.

“Silakan kita berkomunikasi dan bersilaturrahmi. Polisi dengan jurnalis memang harus bersinergim bukan bersinggungan,” kata mantan Kapolres Ciamis.

Mantan Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan itu menyebut prestasi luar biasa kepolisian tanpa pemberitaan media, akan sia-sia belaka. “Polisi tanpa media hampa, media tanpa polisi tak ada berita,” ucapnya.

Menurut Bismo yang tak kalah penting dalam menjalankan tugas adalah menguatkan silaturrahmi dan komunikasi dengan masyarakat melalui media. Hal itu selalu ia lakukan sepanjang kariernya di kepolisian.

“Saya menjadi Kapolsek, Kasat dan Kapolres,  saya selalu ke depankan media untuk silaturrahmi dan komunikasi,” tegasnya.

 

Ketika tongkat komando yang dipegang oleh AKBP. Mariyono kini resmi diestafetkan kepada AKBP. Bismo Teguh Prakoso pada 22 Februari 2020 silam.

Sejumlah terobosan sudah dilakukan, baik ketika Indonesia baru awal erpapar virus corona (covid-19) hingga masuk masa pandemik covid-19 dilanjut dengan penerapan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) resmi se wilayah kota dan kabupaten di Jawa Barat.

 

Kapolres Majalengka Akbp Bosmo Teguh Prakoso dan Ketua Bhayangkari Cabang Majalengka Ny. Widya Bismo

 

 

Selama dirinya bertugas, ia berkomitmen akan selalu melaksanakan hal-hal yang mendasar dari falsafah hidup sebagai anggota Polri yang tertuang dalam Tri Brata dan Catur Prasetya. Polri sebagai sosok pelayan, pelindung, pengayom, penegak hukum dan sebagai penjaga peradaban bangsa.

Berbagai kinerja telah dilakukan sosok Perwira berpangkat dua melati di pundak tersebut. Namun, bagi ayah dua anak ini, bahwa polisi tidak hanya bertugas menegakkan hukum saja.

“Tapi juga secara preventif membangun keamanan dan ketertiban. Diantaranya dengan cara mendekatkan diri kepada masyarakat dan mendengarkan keluhan-keluhan dari masyarakat,” ujar suami dari Ny. Widya Bismo tersebut.

Tak hanya itu, pria berusia 40 tahun ini, juga berupaya memberikan rasa aman dan nyaman di wilayah hukumnya.

Hal tersebut diterapkan dengan menjaga stabilitas dan kerukunan warga serta akan terus membangun kebersamaan di kalangan masyarakat, baik melalui kegiatan formal maupun non formal.

“Kami berharap semangat anggota menjalankan tugas semakin optimal demi menjaga Kamtibmas, kondusivitas wilayah serta memberikan pelayanan prima kepada seluruh warga masyarakat Majalengka,” tegasnya.

Kapolres Majlengka Akbp Bismo Teguh Prakoso bagikan sembako kepada masyarakat terdampak covid-19 dalam Giat gerakan polri peduli covid -19

 

AKBP. Bismo Teguh Prakoso merupakan sosok yang tegas namun juga punya rasa humanis tinggi dan dekat dengan warga. Pria kelahiran berdarah Kediri 1980 tersebut, lulus dari Akademi Kepolisian (Akpol) 2001

Ia pertama kali bertugas menjabat sebagai Pamapta A Resta Surabaya Selatan dan Kanit Res Intel Polsek Gayungan Polresta Surabaya Selatan, pada tahun 2002.

Selanjutnya, 2003 menjabat Kanit Reskrim Polresta Gayungan, Polresta Surabaya Selatan dan 2004 menduduki Kanit Reskrim Polresta Sawahan, Polresta Surabaya Selatan dan pada 2006 menjabat Kanit Reskrim Polresta Wonokromo dan KBO Reskrim Polresta Surabaya Selatan.

Selanjutnya di tahun 2007, AKBP Bismo menjabat Pama PTIK dan Pama Bareskrim Polri serta tahun 2010 ia sebagai penyidik muda Unit III Dit 4 Ekonomi dan khusus Bareskrim Polri.

Kemudian AKBP Bismo di tahun 2011 sebagai Pama Polda Metrojaya, Pama Polres Metrojaya Jakarta Utara dan Kanit Lidik V Krimsus Sat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara. Sedangkan, tahun 2012 menjabat Kanit II Subdit I/Indagdit Reskrimsus Polda Metrojaya.

Di tahun 2015, AKBP Bismo menjadi Pamen Polda Metrojaya (Dik Sespimmen) dan Pamen Div Hubinter Mabes Polri dan pada 2016, menjadi Pamen Polda Metrojaya dan di tahun yang sama AKBP. Bismo karirnya mulai menanjak sebagai Kapolsek Metro Penjaringan Polres Metro Jakarta utara, Polda Metrojaya.

AKBP Bismo di tahun 2017 dipromosikan sebagai Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan Polda Metro Jaya, dan di tahun 2018 dialih tugaskan sebagai Kapolres Ciamis, Polda Jabar hingga akhirnya saat ini tahun 2020 dipercaya menjadi Kapolres Majalengka.***(Ridwan)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *