Selamat Datang di Website Kami

POLRES METRO JAKTIM  PAM & GELAR SIMULASI TEST AKADEMIK CALON AKPOL  – TAMTAMA 2020

14 July 2020

by Ridwan Surianto

IMG-20200713-WA0008

KRINGSERSE.COM (JAKARTA) –  Puluhan personil Bag Sumda Polres Metro Jakarta timur melakukan kegiatan pengamanan gladi bersih simulasi Test akademik untuk calon peserta Akpol dan Tamtama tahun 2020, di SMAN 62 Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (13/7/2020).

 

Pejabat yang hadir dalam giat simulasi tes akademik  , diantaranya AKBP HUSAIMA SH.MH ( KABAG SUMDA POLRES METRO JAKARTA TIMUR )K, KOMPOLSUPARMI SH. ( KASUBBAGPERSBAGSUMDA POLRES METRO JAKARTA TIMUR ), KOMPOL SRI HANDAYANI SUBAIDI SH.MM ( KASIEKEU POLRES METRO JAKARTA TIMUR ), AKP INDRA HARYANTI ( KAUR 2 SUBBAGPERS BAGSUMDA POLRES METRO JAKARTA TIMUR ) , AKP EDI PURWANTO ( KANIT 1 SIE STNK SUBDIT REGGIDENT DITLANTAS POLDA METRO JAYA )

Kegiatan Simulasi Test akademik diawali  Apel pelaksanaan yang dipimpin oleh Akp Edi Purwanto selaku kordinator kepada seluruh polwan yang ditunjuk untuk pengoperasian komputer sebanyak 27 Anggota.

Selanjutnya masuk kedalam ruang kelas yang dibagi 2 untuk giat simulasi test akademik untuk pengoperasian komputer dengan sistem online

Tes akademik Polri atau juga sering disebut (TPA) tes potensi akademik polri merupakan bagian penting dalam seleksi masuk Polri, dan semua keanggotaan Polri akan selalu ada tes akademik. Untuk itu mengerti dan memahami tes akademik ini penting bagi anda yang sedang dalam seleksi masuk Polri. Secara umum tes akademik merupakan seleksi yang ada pada banyak seleksi masuk baik itu instansi negeri maupun swasta.

Tes akademik dimaksudkan sebagai tolak ukur instansi atau lembaga dalam melakukan seleksi masuk, sehingga panitia tahu benar kemampuan akademik dari calon anggota yang masuk dalam kesatuan. Tes akademik setiap instansi memiliki perbedaan pada sisi materi yang diujikan, hal ini dikarenakan kebutuhan dalam setiap instansi berbeda-beda. Begitu juga dalam tes akademik polri, seleksi masuk polri merupakan langkah awal dari semua anggota memasuki jenajang kepolisian. Untuk itu dalam seleksi ini benar di tata dan persiapkan dari sisi materi yang memang dibutuhkan dari sisi SDM kepolisian.

Tes akademik dalam seleksi masuk Polri itu dilakukan dalam dua tes/ujian. Ujian pertama dilakukan di Panda masing-masing yang kedua dilakukan di pusat. Adapun pelaksanaan tpa Polri dilakukan menggunakan lembar jawaban komputer (LJK), pelaksanaan ini juga menggunakan sistem one day test dengan kata lain tes dilakukan dalam satu hari itu tidak ada pengulangan atau despinsasi waktu. Sistem penilaian dalam tes akademik polri dilakukan dengan transparan menggunakan scanner komputer, sehingga pelaku tes saat hari itu juga bisa tahu hasilnya langung bisa dilihat oleh para peserta tes.***(WAN/KJ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *