Selamat Datang di Website Kami

Idul Fitri Kondusif, Begini Rahasia PAM Polrestro Tangerang dan Polsek Jajaran

26 May 2020

by Ridwan Surianto

IMG-20200523-WA0129

KRINGSERSE (TANGERANG KOTA) – Rangkaian Hari Raya Idul Fitri 1441 H Tahun 2020 di wilayah Kota Tangerang berjalan aman, lancar dan kondusif.

Hal itu tak terlepas dari pengamanan maksimal yang dilakukan Polres Metro  Tangerang Kota Polda Metro Jaya hingga ke Polsek Jajaran.

Ya. Secara serentak, pengamanan telah dilakukan sejak menjelang malam takbir. “Sapa, Senyum, Salam (3S) dan Humanis,” terang  Kapoltes Metro Tangerang Kota Kombes Pol Sugeng Hariyanto, S.I.K. saat dikonformasi Media Kring Serse  di Mapolres Metro Tangerang Kota , Selasa(26/5/2020).

Kombes Sugeng menekankan, ditengah pandemik covid-19  pengamanan malam takbir dilaksanakan dengan cara bertindak berupa gatur lalu lintas dilokasi rawan kemacetan, penyekatan bagi pengendara yang berniat untuk mudik dan pemutar balikan kendaraan.

“Personil pengamanan juga bertugas menghimbau kepada masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, seperti selalu menggunakan masker,” paparnya.

Dalam waktu yang bersamaan, Polsek Jajaran Polrestro Tangerang Kota melaksanakan hal serupa sesuai instruksi pimpinan.

Polsek jajaran tersebut meliputi Polsek Jatiuwung,   Polsek Benda,, Polsek Ciledug, Polsek Karawaci, , Polsek Neglasari, Polsek Batuceper,  Polsek Tangerang Kota, Polsek Cipondoh,  Polsek Sepatan, Poosek Teluknaga dan Polsek Pakuhaji.

Selain pengamanan malam takbir, seluruh Polsek Jajaran juga menyambangi masjid hingga pondok pesantren untuk menemui DKM dan pengasuh pondok pesantren.

“Anggota kami bertemu dengan DKM atau Pengurus masjid disetiap wilayah hukum Polsek.

 

Tujuan seluruh Polsek Jajaran Polres Metro  Tangerang Kota sama, terkait dengan pelaksanaan Shalat Idul Fitri di wilayahnya masing-masing.

Karena Shalat Idul Fitri dilakukan di tengah pandemi Covid-19, polisi meminta shalat dilaksanakan sesuai dengan himbauan pemerintah dan protokoler kesehatan.

“Tetap menjaga jarak. Tempat wudhu dilengkapi dengan sabun dan hand sanitizer serta di pintu masuk disediakan kotak antiseptic,” tutup Kombes  Sugeng kepad media Kringserse.

Sebelnya, menjelang malam takbir, Polres Metro Tangerang Kota bersama Forkompimda Kota Tangerang melaksanakn apel gelar pasukan Pengamanan ops. ketupat Jaya 2020, pastikan wilayah kondusif dan aman terkendali dalam menyambut malam takbiran  hingga perayaan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H.

 

Apel dipimpin langsung Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Sugeng Hariyanto, dihadiri Wakil Walikota Tangerang H. Syacrudin, Dandim 0506/Tgr Letkol Wisnu Kurniawan dan diikuti unsur Forkopimda, Senkom dan Pokdarkamtibmas.

Usai Apel Gelar Pasukan, kepada awak media Kapolres mengatakan, bahwa malam ini pihaknya melaksanakan Pam malam Takbir berskala besar, yang menurutnya adalah merupakan kegiatan rutin dilaksanakan setiap tahun.

“Ini sebagai bentuk dan langkah upaya jajaran Kepolisian, TNI dan aparat Pemerintahan untuk mengantisipasi adanya gangguan Kamtibmas yang mungkin terjadi pada malam Takbir ini. Sekaligus mengantisipasi beberapa titik dan kerawanan terkait tawuran, kecelakaan dan akasi terorisme,” terang Kapolres.

“Mudah-mudahan semua berjalan dengan lancar dan aman,” ucapnya.

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan, bahwa untuk Pam malam ini bersifat patroli Mobile dengan sekala besar, dengan banyak memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat, dan proses penyadaran yang harus dipahami masyarakat Kota Tangerang.

Dan untuk pengamanan Sholat Idul Fitri (Id) lanjut Dia, pihaknya sudah monitor ada beberapa titik, terkait pengamanan kembali pada tujuan awal dan pola yang pihaknya lakukan, adalah hanya memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat lantaran intruksi dari pusat sudah jelas bahwa masyarakat diharapkan untuk melakukan Takbir dan Sholat Id bisa dilakukan di rumah namun saya yakin ada beberapa masyarakat yang ingin melakukan Sholat di Masjid.

“Saya menghimbau masyarakat yang melakukan itu, agar dilaksanakan di rumah saja sama keluarga. Itu lebih baik dalam mengahadapi pandemi Virus Covid-19 yang saat ini terjadi,” pinta Kapolres.

Ia menambahkan, bahwa semua nggak pernah tau bagaimana penularan dan siapa yang akan tertular. tetapi menurutnya langkah itu lebih baik diambil dari pada nanti membawa ekses kepada masyarakat.

Kapolres menyebut, untuk pengamanan malam takbir pihaknya mengerahkan sebanyak 600 personil. “Saya himbau masyarakat kalau takbir lakukan di Masjid dengan pengeras suara dan di rumah. Dan Sholat Id juga lakukan di rumah bersama keluarga itu akan lebih baik untuk menghadapi wabah virus covid19 saat ini,” pungkasnya.***(Ridwan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *