Selamat Datang di Website Kami

Demo UU Ciptaker,  Aksi Mahasiswa dan Buruh di Tangerang Dipastikan Tak Aksi ke Jakarta

08 October 2020

by Ridwan Surianto

uFKqICER1i

KRINGSERSE. COM (TANGERANG) – Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Sugeng Hariyanto, memastikan tak ada mahasiswa maupun  buruh di Tangerang ke Jakarta untuk demo menolak Undang-Undang Cipta Kerja. Pihaknya telah melakukan penyekatan di beberapa titik untuk menghalau buruh ke Ibu Kota.

“Kami pastikan tidak ada massa mahasiswa dan  buruh yang akan berangkat ke Jakarta. Penyekatan di Batuceper, Kreo, Ciledug, dan perbatasan antara Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang. Sementara di arah Bitung, kami sudah berkoordinasi dengan Polres Tangsel,” kata Sugeng, Kamis ( 8/10/2020)

Konvoi aksi mahasiswa di Kota Tangerang saat melintas kawasan cipondoh

 

Kombes pol Sugeng Hariyanto juga menegaskan terkait adanya upaya sweeping yang dilakukan massa buruh ke pabrik-pabrik, Sugeng menuturkan kabar tersebut tidak benar.

Para buruh disebut hanya sosialisasi terkait penolakan UU Omnibus Law Cipta Kerja terhadap rekan sesama buruh.

Polisi berjaga di depan markas polres metro tangerang kota

 

Sugeng menambahkan pihaknya saat ini sangat mengerti kondisi dan aspirasi yang sedang diperjuangkan para buruh dan juga kalangan mahasiswa. Namun dia berharap baik mahasiswa maupun buruh tetap kooperatif dan melakukan protokol kesehatan dalam aksinya.

“Saya harap kegiatan aksi ini, massa aksi demo tetap kooperatif, dan selalu menerapkan protokol kesehatan covid-19. Kita tegaskan kalau Polisi tidak memberikan izin mereka ke Jakarta,” jelasnya.

Sebelumnya,  Ribuan buruh yang hendak menggelar demo ke gedung DPR RI, Jakarta dihadang polisi saat melintas di jalan Daan Mogot, Batuceper, Kota Tangerang.

Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk penolakan atas pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja yang dinilai tidak berpihak kepada pekerja.

Kapolsek Cipondoh AKP Maulana Mukarom mengatur llulintas kinvoi aksi mahasiswa demo menuju Cipondoh

 

 

Begitu pula  pada Rabu (7/10/2020) lebih dari 500 mahasiswa melakukan aksi demo di lakukan pd Anggota Kepolisian Bersiaga Menghalau Massa Demo UU Ciptaker.

Sementara Wakapolres Metro Tangerang Kota, AKBP Yudhistira Midhyawan, mengatakan pihaknya melakukan hal tersebut agar tidak ada kerumunan massa di Jakarta.

Wakapolres Metro Tangerang Kota, AKBP Yudhistira m. Midhyawan pimpin pasukan pengamana. Aksi demo di kawasan jalan Daan Mogot, Batuceper kota tangerang

 

“Orang yang kondangan saja kita bubarkan apa lagi kerumunan seperti unjuk rasa ini. Hari ini di Tangerang semua titik yang ke Jakarta unjuk rasa kita sekat,” ujar Yudhistira, Rabu (7/20/2020).

Yudhistira menambahkan, saat ini pihaknya menerjunkan seribu pasukan dari Brimob dan dibantu TNI untuk pengamanan dan penyekatan sehingga tidak ada massa yang bergerak ke Jakarta.

“Kita sebar di semua titik mulai dari Jatiuwung, Cipondoh, Batuceper dan Kebun Nanas, ada 4 titik. Hari ini kita pastikan tidak ada yang ke Jakarta, dan besok belom ada perubahan, kita tetap akan sekat,” katanya. (WAN/tim KS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *